Tipe Karakter MOE

by K A L L E N
Let's Share, nyaan! (。•ㅅ•。) :
Huuy! longtime no see banget!
udah setahun rasanya aku ga ngeblog. dan waktu itu postingan terakhir pas bulan november juga, 2014. bener-bener udah setahun kan hahaha ._. waktu itu juga aku baru banget masuk kuliah, jadinya sibuk-sibuk begitulah ngurus sana sini. sekarang juga masih sibuk sih. tapi yah udah terbiasa dengan dunia kampus. yiiha :3

Ah anyway, akhirnya blognya kembali keurus looh! udah ganti header, warna blog yang tadinya all pink jadi all yellow. link-link yang mati gegara ganti nama blog juga udah dibenerin. kalo semisalkan ada di postingan pake nama dulu WORLDISNYAPPY, ganti aja nama blognya ADELESCENCE jadi adelescence.blogspot.com. dan yang tadinya ke Korea-koreaan, sekarang balik lagi ke awal bikin blog ini, ke Anime-animean. gatau kenapa lagi engga sreg aja gitu sama Korea. teehee :3 buat tutorial --> Tutorial


well, balik lagi ke judul. aku mau ngasih tau kalian tipe karakter-karakter Moe kayak gimana aja. yah palingan taunya gajauh dari Tsundere, Imouto, begitu-gitu aja deh. dulu aku juga cuma taunya itu aja sih wkwk ._. nah sekarang aku mau kasih tau kalian semua tentang tipe-tipe karakter Moe yang ternyata banyak banget! check this out! '^')///



Everyday Moe
Moe yang biasanya ada dikehidupan sehari-hari. Tipe-tipe Everyday Moe:

Tsundere
"Tsundere adalah karakter yang mempunyai sikap dingin terhadap orang lain, tapi ia mempunyai sikap manis dibalik itu."
yah, kayaknya sih semua anime lovers udah tau banget karakter Tsundere itu kayak gimana ya '^')
Tipe moe ini berasal dari kata "tsuntsun" yang artinya sifat/sikap galak, dingin, cuek, dan negatif lainnya. "deredere" artinya sifat/sikap manis, manja, rapuh dan baik. lalu digabung menjadi Tsundere. Karakter tipe ini pada awalnya susah untuk didekati, tetapi seiring berjalannya waktu, akan terasa sifat baik dan sikap manisnya.
Aisaka Taiga (Toradora!)
Ayuzawa Misaki (Kaichou wa Maid-sama)

























Dandere
"Berasal dari kata danmari (pendiam) dan deredere, karakter ini sama sekali tidaklah bisu, tapi ia memang sangat pendiam."
Dandere memiliki sifat dingin dan sangat pendiam, mimik mukanya cenderung tak ber-emosi. kelebihan karakter ini meski banyak diam, ia sangat peka dengan keadaan sekelilingnya.
Sonohara Anri (DURARARA!!!)
Hyuuga Hinata (NARUTO)

Meido / Maid 
"Meido/Maid yang berarti 'pembantu rumah' mempunyai ciri yang sangat khas, yaitu kostumnya yang menarik."
Saking terkenalnya maid tak ayal mereka sering dijumpai diberbagai event, komik, anime, manga, bahkan di Jepang sana sampai membuat cafe yang bertemakan "maid".
Momomiya Ichigo (Tokyo Mew Mew)
Maylene (Kuroshitsuji)
























Seifuku, Buruma & Sukumizu
"Seragam sekolah Jepang sangat populer karena desainnya yang unik. Seifuku, Buruma & Sukumizu lahir dari ide para yang fans sangat menyukai school character ini."

Seifuku
Seragam sekolah Jepang yang bentuknya gabungan antara seragam sailor dan rok diatas lutut.
Tateyama Ayano (Mekakucity Actors)
Mikan Sakura (Gakuen Alice)
























Buruma
Seragam olahraga karakter cewek yang berupa kaos oblong dan celana pendek ketat seperti pemain volley wanita.
Sonya (Kill Me Baby)
Orihara Kururi (DURARARA!!!)
























Sukumizu
Seragam sekolah, baju renang yang kependekan dari sukuruu mizugi (baju renang khusus sekolah di Jepang)
Yazawa Nico (Love Live!)

Miko
"Miko atau dikenal dengan 'gadis kuil' melambangkan kesucian dan kemurnian pada karakter moekku yang dituju."
Uniknya, pakaian ini menjadikan karakter yang memakainya menjadi sangat menarik dan tampak innocent. biasanya pakaian kuil ini identik dengan warna putih dan merah.
Hakurei Reimu (Touhou)

Twintail
"Rambut kuncir dua adalah alternatif dari berbagai gaya rambut yang sudah ada."
gaya rambut twintail mungkin sangat menarik untuk disimak karena otomatis merubah penampilan sang karakter menjadi lebih seperti anak kecil dan menimbulkan kesan innocent.
Miku Hatsune (Vocaloid)
Nakano Azusa (K-ON!!)

























Meganekko
"Meganekko dikenal sebagai 'gadis berkacamata', sudah dikenal sebelum istilah moe itu sendiri ada."
Mungkin karena dengan kacamata, sang karakter terlihat pintar, dewasa, juga menyimpan misteri dibalik kacamatanya tersebut. 
Noyamano Ringo (Air Gear)
Asada Shino (Sword Art Online)

























Pettanko
"Yang menarik dari karakter ini adalah mereka sangat peduli dengan ukuran dada yang memang 'rata'."
Pettanko bukanlah karakter anak kecil, tapi mereka adalah wanita dewasa yang ukuran dadanya memang kecil dibandingkan dengan wanita normal lainnya.
Tsutsukakushi Tsukiko (Hentai Ouji to Warawanai Neko)

Ojousama
"Ojousama adalah karakter gadis kaya atau ningrat yang identik dengan harga diri, kemewahan dan kehidupan sosialnya yang tinggi." 
Kehidupannya sangatlah berkecukupan sehingga ia tidak pernah belajar untuk melihat kebawah. Karakter ini terkenal manja, keras kepala dan mempunyai gengsi yang berlebihan.
Sawachika Eri (School Rumble)

Imouto
"Imouto lebih berdefinisi sister complex dalam arti positif, bahkan sebagian besar dari ceritanya diangkat dengan tema hubungan kakak-adik yang sama sekali tidak berhubungan darah."
Biasanya karakter ini selalu memanggil kita dengan sebutan onii-chan (panggilan untuk kakak laki-laki).
Doma Umaru (Himouto! Umaru-chan)
Shiro (No Game No Life)

























Dojikko
"Kecerobohan Dojikko murni 100% tanpa disengaja, hal ini membuat plot cerita semakin menarik."
Tipe moe yang selalu melakukan kesalahan. entah itu menumpahkan minuman, atau tampak selalu lari terburu-buru karena ia lupa membawa sesuatu ketika berpergian hingga akhirnya ia terjatuh.
Sasha Blouse (Shingeki no Kyojin)

Kisei
"Kata-kata lucu tanpa arti yang diucapkan oleh seorang moekku terkadang bisa menjadi trend dan ditirukan oleh kita."
Efek ucapan seperti "munyaaa~~" atau "Ugyuuu~~" tidak memiliki arti sama sekali namun dengan mimik muka yang lucu membuat karakter ini banyak penggemar.
Puchiko (Di Gi Charat)

Zettai Ryouiki
"Tipe moe sangat spesifik. tipe ini sangat fleksibel kecuali dari pinggang ke bawah yang memang aturan mainnya."
bagian pinggang ini kemudian dibagi lagi menjadi 3 bagian yang wajib di gambar: rok pendek, kulit, kaos kaki panjang diatas lutut.
Ayano Keiko - Silica (Sword Art Online)

Fantasy / Heroine Moe
Tipe moekku ini identik dengan alur cerita heroik.

Kuudere
"Heroine - Pahlawan Wanita adalah karakter moe yang sangat kuat, sifatnya yang cool menjadi figur yang sulit dilupakan."
Kuudere berasal dari gabungan kata cool dan deredere yang memiliki pembawaan keren. terkesan dingin dan tak beremosi kuudere tidak suka ikut campur urusan orang lain. ia juga tidak sok dan sangat jujur mengungkapkan perasaannya meskipun bagi orang lain opininya sangatlah pedas.
Mikasa Ackerman (Shingeki no Kyojin)

Animals Moe
Karakter ini disukai karena mereka sangat terlihat lucu dengan telinga/ekor binatangnya. binatang yang biasa dijadikan role modelnya adalah anjing, kucing, kelinci dan rubah.
Kaneki Ken - Sasaki Haise (Tokyo Ghoul)
Suzuya Juuzou (Tokyo Ghoul)
























Robots, Computers, Mecha Moe
"Anime / Manga Mecha sekarang tidak saja menyajikan cerita epik di dalamnya, tetapi mulai merambah ke unsur moe."

Mecha / Military Moe
Moe tipe ini memiliki nama Mecha Musume, digambarkan bersanding dengan apik dengan berbagai macam perangkat militer seperti tank, kapal, jet, atau bahkan rudal. mereka sangat populer dengan berbagai kendaraan perang bahkan sebagai robot.
Black★Rock Shooter (Black★Rock Shooter)
Orange - Inaho's Mecha (Aldnoah.Zero)
























Robot
Robot moe adalah karakter robot sepenuhnya. biasanya moekku ini tidak mempunyai emosi sama sekali, tapi berangsur-angsur sesuai kehidupan sosialnya, ia dapat menjadi sangat manusiawi.
Aegis ( Shin Megami Tensei: Persona 3)

Jingai
Sebuah robot murni yang bukan dalam wujud manusia. tetapi Jingai dapat berkomunikasi dengan manusia, meskipun bukan hanya dengan suara tetapi kadang dengan bahasa tubuhnya.
Baymax (Big Hero 6)

Vehicles Moe
Moekku yang selalu terlihat dekat dengan mobil atau motor (pit girl, pembalap wanita, montir). beberapa kendaraan lainnyayang populer adalah jet (pilot) atau pramugari.
Miku Hatsune (Vocaloid)

Angels Moe
"Karakter moe yang bersayap dan berparas cantik sangat menarik untuk disimak."
Dengan sayap (yang kadang tidak berguna karena ukurannya yang kecil) di punggungnya membuat penampilannya semakin anggun. Angels moe kadang mempunyai jalur cerita yang diasumsikan Angel adalah makhluk suci, maka cerita tentang moekku ini biasanya berlatar belakang religius.
Jibril (No Game No Life)

Tipe lain yang masuk karakteristik moe:
Loli (badan anak kecil)
GUMI, Kagemine Rin (Vocaloid)

Yandere
karakter yang mempunyai sisi gelap. yandere terlihat normal awalnya. sisi gelapnya muncul saat ia mencintai seseorang. ketika ia mencintai, ia akan sangat terobsesi dan cenderung membuatnya seperti orang 'sakit jiwa'.
Niekawa Haruna (DURARARA!!!)
Kamishiro Rize (Tokyo Ghoul)


















yak segitu aja penjelasan dari tipe-tipe moe. sebenernya masih banyak tipe moenya, tapi ini yang agak sering muncul sih. semoga bermanfaat yah :3

Regards, Kallen.
Source: zerochan.net, Shin Abe: How To Draw MOE Characters

♫ Thanks for Reading, da. Ctrl + C = COPY! ♫

0 Spam(s) on "Tipe Karakter MOE"

Posting Komentar

Rules :
✱ Menggunakan bahasa yang baik, jelas dan benar
✱ Tidak spam
✱ Tidak menyinggung perasaan author maupun orang lain

Regards,
Kallen Beilschmidt ♫

 
H o m e S t u f f s K a l l e n T o m o d a c h i T h a n k s T o F o l l o w +
K a l l e n B e i l s c h m i d t Ⓒ 2 0 1 6